Resep Soto Ayam Madura by Mariana Chika

Alhamdulillah... saya bisa juga bikin soto. Awalnya bagi saya memasak soto adalah pekerjaan yang ribet, ternyata tidak juga. Karena ibu saya membantu saya mencuci ayamnya. Wakakakak itulah kelemahan saya. Makasih bu 😚 Resep ini saya adaptasi dari resep soto madura-nya bunda diah didi. Rasanya segar banget...


Bahan-bahan
  • 1 ekor ayam kampung, cuci bersih, potong2 sesuai selera
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sachet kaldu ayam bubuk, jika pakai
  • 1/2 sdm gula pasir
  • secukupnya garam
  • 2 batang daun bawang, iris2 sesuai selera
  • 2 tangkai seledri, iris2 sesuai selera
  • 1 buah tomat, iris silang hingga setengah terbelah
  • secukupnya bawang goreng

bumbu halus (sangrai sebelum dihaluskan):
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 1/2 sdt merica butiran

bahan pelengkap sajian:
  • kripik kentang
  • tauge
  • kol, rajang halus
  • soun
  • telur rebus
  • sambal kecap
  • jeruk nipis
  • kecap asin

Langkah
  1. Rebus ayam ke dalam 3 liter air hingga air berkurang tinggal setengahnya, angkat ayam dan sisihkan kuah kaldunya.
  2. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk dan serai hingga harum, masukkan sebagian daging ayam untuk kebutuhan suwiran. Masak hingga bumbu meresap.
  3. Tuang kuah kaldu dan didihkan. Masukkan garam, gula, dan kaldu bubuk. Koreksi rasa. Masak terus hingga bumbu meresap. Untuk ayam suwiran, ambil ayam dari kuah rebusan dan goreng setengah matang.
  4. Terakhir masukkan daun bawang, seledri, tomat dan bawang goreng ke dalam kuah rebusan. (Saya lebih suka tomat saya masukkin langsung ke dalam kuah, sesuai selera ya)
  5. Sajikan bersama nasi putih, sayur pelengkap, kripik kentang, soun, ayam suwir, telur rebus, jeruk nipis, kecap asin dan sambal kecap.

Selamat mencoba

Resep by Mariana Chika
Related Post